header-int

Tingkatkan Keterampilan Mahasiswa, HMPS Vektor Tadris IPA Adakan Pelatihan Jurnal

Selasa, 08 Des 2020, 22:23:08 WIB - 120 View
Share
Tingkatkan Keterampilan Mahasiswa, HMPS Vektor Tadris IPA Adakan Pelatihan Jurnal

Jember (07/12) HMPS Vektor Tadris IPA IAIN Jember menyelenggarakan pelatihan jurnal sebagai bekal mahasiswa dalam bidang kepenulisan khususnya penulisan artikel atau karya tulis ilmiah.  Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 07 Desember 2020 di gedung G25 pada jam 08.00–selesai. Dengan pemateri pertama yaitu ibu Laila Khusnah, M.Pd serta pemateri kedua yaitu bapak Abdul Karim, M.Pd.I  dengan  tema “Smart Produktif Dengan Jurnal”. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 20 orang yang terdiri mahasiswa Prodi Tadris IPA.

Pada kesempatan kali ini, HMPS Prodi Tadris IPA berkesempatan menyelenggarakan kegiatan yang dilakukan secara offline atau secara langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, peserta diwajibkan menggenakan masker dan diberikan hand sanitizer ketika akan memasuki ruangan dengan jumlah kuota dalam satu ruangan dibatasi 20 peserta. Pada pelatihan jurnal ini ibu Laila Khusnah, M.Pd selaku pemateri pertama menjelaskan tentang  “Penulisan Jurnal” yang menjelaskan tentang apa itu jurnal serta bagaimana susunan dan proses membuat hingga  publikasi, sedangkan bapak Abdul Karim menjelaskan tentang bagaimana mengelola OJS (Open Journal System). Kegiatan pelatian jurnal ini berjalan dengan lancar serta kondusif, peserta sangat antusias dapat dilihat dengan keaktifan bertanyaan kepada pemateri.

Pelatian jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan minat menulis bagi mahasiswa dan menunjang penyelesaian studi, karena budaya menulis di era milineal ini sepertinya menurun. Banyak mahasiswa mengaku kesulitan ketika menyelesaikan tugas akhir. Dengan menulis  bisa menyampaikan informasi, menyadarkan, membangun opini publik atau kritik. “Pelatihan jurnal ini bukan cuma memberikan ilmu tentang cara membuat artikel saja tapi ada wawasan juga bagaimana mengelolah sebuah jurnal (kumpulan artikel). Yang mana sudah ada tugas dari masing-masing anggota untuk memproses sebuah artikel yang masuk, mulai dari pengecekan focus and scope yang tertera, kemudian editing dan publikasi. Jadi diharapkan pelatihan jurnal ini bisa jadi bekal mahasiswa lebih produktif lagi kedepannya agar bisa menghasilkan karya yang banyak lagi. Harapan saya semoga pelatihan jurnal hari ini bisa bermanfaat, dan apa yang menjadi tujuan pelatihan ini juga bisa berguna bagi mahasiswa dalam mengelola maupun membuat artikel.” Ujar Neny Ismiyanti selaku ketua vektor jurnal.

Callista sebagai ketua HMPS Vektor tadris IPA menyampaikan bahwa “Setelah selesai pelatihan ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmunya, berlatih diri membuat tulisan atau berita di setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Civitas Akademika di Kampusnya, kemudian diekspose ke website dan sosial media. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan branding kampusnya di mata publik.”. Hal ini didukung dengan pernyataan dari salah satu peserta yang memberi pesan dan kesan yaitu, “Setelah saya mengikuti pelatihan jurnal yang diselenggarakan HMPS Vektor Tadris IPA, saya mendapat banyak sekali ilmu serta pengetahuan baru tentang bagian-bagian jurnal, cara pembuatan jurnal, serta tips-tips dalam pembuatan jurnal. Saya juga dapat pengetahuan tengang pengelolaan jurnal dari pelatihan tersebut. Pelatihan ini sangat bermanfaat  bagi mahasiswa. Dari pelatihan ini mahasiswa mendapatkan wawasan lebih luas tentang jurnal yang nantinya akan digunakan untuk membuat KTI sebagai pengembangan keterampilan mahasiswa.” Mohammad Achbatullahulhaq selaku mahasiswa Prodi Tadris IPA angkatan 2019.  (Rafi/ Mela)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube